Membuat Website dengan Elementor

Membuat Website dengan Elementor – Beberapa tahun yang lalu, proses membuat situs web sangat berbeda. kamu harus mengedit kode, untuk memperbarui situs web, dan melihat langsung di web untuk memastikan apakah perubahan sudah sesuai.

Tapi sekarang, kamu punya pilihan untuk membuat situs web secara visual. Prosesnya akan sama persis seperti hasilnya.

Elementor adalah page builders terbaik. Dengan lebih dari 5 juta pengguna aktif.

Kamu bisa dengan mudah menggunakannya untuk membuat halaman web yang menarik dengan mudah.

Diartikel ini, saya akan membagikan dasar-dasar Elementor dan bahkan menggunakannya untuk membangun beberapa halaman situs web.

Install dan Setting Elementor

Install dan Setting Elementor

Saya akan mulai dengan menginstal plugin Elementor gratis dari WordPress. Setelah mengaktifkannya, klik “Setting” untuk mengaturnya.

Di bawah bagian General, Kamu bisa memilih type post yang dapat diedit dengan Elementor. kamu juga dapat menonaktifkan warna dan font default Elementor, dan akan menampilkan warna dari tema yang kamu gunakan.

font default Elementor

Kamu dapat mengaktifkan berbagi data dengan Elementor. Di bagian Advanced, kamu dapat mengelola CSS Print Method, dengan cara Switch Editor Loader, dan pengaturan lain yang difokuskan pada Pengembang.

Di bagian Role Manager, kamu bisa memilih mana yang cocok untuk web, yang dapat diedit menggunakan Elementor.

Misalnya, jika kamu mengaktifkan No access to editor untuk peran Kontributor, siapa pun yang berkontribusi ke situs web tidak akan bisa menggunakan editor Elementor.

Bagian Info Sistem, menampilkan informasi tentang sistem situs web kamu dan bagian WordPress. Sedangkan bagian Getting Started dan Get Help dapat digunakan untuk mengakses panduan dan bantuan.

Baca Juga :  10 Template WordPress Terbaik 2021

Mengenal Tata Letak Page Builder

sekarang kita mulai membuat halaman dengan Elementor. Arahkan kursor ke bagian Halaman di area admin WordPress dan klik Add New.

Beri judul halaman dan klik tombol “Edit with Elementor” di bagian atas.

Layar Elementor Page Builder akan terbuka dengan area pengeditan dan area widget. Di area pengeditan, kamu dapat menambahkan dan mengedit widget secara visual.

Area Widget adalah bagian untuk menarik dan menggunakan berbagai jenis widget seperti bagian teks, judul, gambar, video, dan tombol.

Di bawah area widget, kamu akan melihat 4 opsi. Opsi pertama adalah tombol Pengaturan untuk mengakses pengaturan halaman secara keseluruhan.

Opsi pertama adalah tombol Pengaturan

Dalam pengaturan halaman, kita dapat mengubah judul dan status halaman, mengatur gambar unggulan, menyembunyikan judul, dan memilih tata letak halaman.

Di tab Style, kamu dapat mengatur Latar Belakang untuk keseluruhan halaman. Kamu dapat memilih dari satu warna latar belakang, latar belakang gambar statis, atau latar belakang gradien.

Bagian Advanced memiliki fitur CSS Kustom untuk memungkinkan kamu menambahkan kode CSS ke widget.

Opsi di sebelah pengaturan halaman di kiri bawah adalah Navigator. berbagai jenis elemen yang kamu gunakan di halaman dan membantu menemukan dan mengeditnya dengan mudah.

Selain itu, opsi History menunjukkan revisi sebelumnya yang dilakukan pada halaman, sehingga kamu dapat dengan mudah memperbaiki jika ada kesalahan.

Opsi Responsive memberi tiga pilihan. Desktop, Tablet, dan Seluler. kamu dapat menggunakannya untuk memastikan situs web terlihat dan berfungsi dengan baik di semua layar.

Preview memungkinkan kamu melihat tampilan halaman langsung tanpa harus memublikasikan halaman terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat 301 Redirect di WordPress

Di atas area Widget ada dua tombol. Menu Hamburger membawa kita ke beberapa pengaturan dan opsi navigasi lainnya.

Klik “Site Settings”. Dalam dua pengaturan pertama, kamu dapat mengatur warna dan font global yang akan digunakan untuk semua elemen baru.

Di bagian theme style, kamu dapat mengatur pengaturan default untuk judul, tombol, gambar, dan form fields. Bagian Pengaturan memberi kamu beberapa opsi lagi untuk identitas situs, latar belakang, tata letak, dan pengaturan lainnya.

Setelah selesai, kembali ke widgets area.

Membuat Halaman dengan Elementor

Halaman Elementor tipikal terdiri dari beberapa bagian yang disusun secara vertikal. Bagian ini terdiri dari kolom, dan kolom ini memiliki beberapa widget di dalamnya.

Membuat Halaman dengan Elementor

Untuk mulai membuat halaman, klik ikon plus dan pilih bagian struktur yang kamu inginkan, dengan mudah kamu bisa menyesuaikannya.

Di bagian tata letak bagian edit, kamu dapat menentukan parameter tata letak seperti lebar, celah, tinggi, dan perataan vertikal.

Di tab Style, kamu dapat menambahkan berbagai jenis latar belakang seperti klasik, gradien, video, dan slideshow.

kamu juga dapat menambahkan overlay latar belakang, batas, pembagi bentuk, dan pengaturan tipografi.

Bagian Advanced memberi pengaturan margin dan padding, efek gerakan, opsi responsif, Atribut, dan fitur CSS Kustom.

Setelah menyiapkan kolom, kamu dapat menambahkan widget ke kolom tersebut dengan menyeret dan melepas dari area widget.

Setiap widget mempunyai tata letak, gaya, dan tab lanjutannya sendiri untuk mengeditnya.

Misalnya, jika kamu ingin menambahkan gambar di kolom, seret dan lepas widget gambar. Kamu dapat menyesuaikan gambar menggunakan tiga tabnya.

Baca Juga :  Cara Pasang Scrip Iklan di Blog wordpress

Klik Pilih gambar dan unggah gambar dari komputer kamu. Selanjutnya, buka tab Style dan ubah pengaturan lebar dan tinggi gambar.

Demikian pula, kamu dapat menambahkan dan mengedit blok teks di Elementor. kemudian dapat mencoba-coba di opsi Tipografi di bawah bagian Style.

Selain menambahkan bagian, kolom, dan widget untuk membangun blog, kamu juga dapat menggunakan template untuk mempercepat prosesnya.

Untuk membuat halaman baru menggunakan templat blok, klik ikon folder. Kemudian, di bagian atas, alihkan ke bagian Blok.

Gunakan menu pencarian untuk mencari blok yang kamu butuhkan. lihat mana yang kamu suka. Kemudian, klik tombol Insert di bawah untuk membawanya ke halaman kamu.

Kamu akan mendapatkan prompt untuk menghubungkan situs web ke Elementor Template Library. Jika kamu belum memiliki akun, kamu dapat membuatnya dengan email dan kata sandi baru.

Saat kamu mengklik Connect, template yang dipilih akan diimpor ke halaman.

Setelah mengimpor, kamu dapat dengan mudah mengedit elemen. Demikian pula, kamu dapat menambahkan dan mengedit blok lain untuk melengkapi halaman.

Kamu juga dapat mengimpor seluruh templat halaman. Klik ikon folder dan buka bagian Page di bagian atas. Gunakan menu pencarian untuk menemukan jenis halaman yang kamu inginkan. Kemudian impor.

Setelah mengimpor halaman, kamu dapat mengedit konten dan jadikan untuk halaman kamu.

Dengan fitur-fitur ini, kamu dapat membangun situs web yang terlihat bagus dengan mudah. Jika kamu ingin membuat prosesnya lebih mudah, kamu dapat membeli Elementor Pro.

Dengan paket premium, kamu akan mendapatkan akses ke lebih banyak widget, template, dan integrasi. bahkan dapat menambahkan font khusus dan widget global.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *