Cara Mudah Membuat 301 Redirect di WordPress

Cara Mudah Membuat 301 Redirect di WordPress – Saat kamu membuat postingan baru di web, kamu ingin pengunjung untuk menjangkaunya.

Kamu mungkin juga merombak struktur permalink situs web, dan ingin mengarahkan ulang URL lama ke struktur barunya.

Dalam situasi seperti ini, kamu harus membuat pengalihan di situs web kamu.

Pada artikel ini, kamu akan mempelajari apa itu redirect, dan bagaimana kamu dapat dengan mudah membuat 301 redirect di situs WordPress.

Apa itu Redirect?

Saat kamu membuat pengalihan di situs WordPress, yang menunjuk dari satu URL ke URL lain, browser pengunjung akan mendetek, bahwa halaman yang ingin mereka kunjungi telah dipindahkan, dan secara otomatis mengarahkan mereka ke halaman baru.

Ada berbagai jenis pengalihan seperti 301, 302, 303, 307, dan 308. Namun, saya hanya akan fokus pada pengalihan 301, karena ini adalah yang paling umum dan berguna.

Pengalihan 301 memberi tahu mesin telusur bahwa halaman yang akan dikunjungi telah berubah, atau dipindahkan dan juga meneruskan antara 90-99% tautan ke URL baru. sehingga menjaga otoritas halaman kamu.

Dengan cara ini, mengarahkan ulang dari link lama atau rusak dapat meningkatkan SEO.

Namun, pengalihan dapat menurunkan kecepatan pemuatan halaman dengan margin yang terukur dan signifikan. Oleh karena itu, kamu harus meminimalkan penggunaan pengalihan dengan menghindari pengalihan yang tidak perlu.

Baca Juga :  Cara Mengganti Template Wordpress Pemula

Knda juga harus memastikan bahwa Top-Level Domain diselesaikan dengan tidak lebih dari satu pengalihan.

Sekarang setelah kamu memahami lebih lanjut tentang pengalihan 301, mari kita siapkan di situs WordPress kamu.

Membuat 301 Redirect Menggunakan Plugin Redirection

Cara termudah untuk membuat 301 redirect di WordPress adalah dengan plugin Redirection. Setelah menginstal plugin, buka Tools > Redirection . Cukup selesaikan proses penyiapan dasar.

Membuat 301 Redirect Menggunakan Plugin Redirection

Di halaman berikutnya, kamu dapat membuat pengalihan baru di bawah bagian “Add new redirection”. Yang perlu kamu lakukan adalah memberikan URL Sumber dan URL Target bersama dengan parameter kueri.

Setelah selesai, klik “Add Redirect”.  kemudian kamu dapat mengelola dan melacak pengalihan yang ada pada halaman yang sama di bagian atas.

Buka halaman “404s” jika kamu ingin mengarahkan pengunjung dari kesalahan 404 situs web. Plugin akan secara otomatis mendeteksi dan mencantumkan semua 404 tautan yang ada di halaman kamu.

Arahkan kursor ke satu dan klik “Add redirection”. Kemudian, berikan URL target yang sesuai untuk tautan 404 ini. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah mengatasi kesalahan 404 untuk pengunjung.

mengatasi kesalahan 404 untuk pengunjung

Di halaman Impor/Ekspor, kamu dapat mengekspor semua pengalihan dari situs lama dan mengimpornya dengan mudah ke situs baru.

Membuat 301 Redirect Menggunakan .htaccess
kamu juga dapat membuat pengalihan 301 dengan menambahkan kode ke file .htaccess . Sebelum kamu menggunakan cara ini, pastikan untuk membuat backup situs kamu.

Baca Juga :  Cara Mengganti Favicon Wordpress

Akses file .htaccess menggunakan klien FTP dan tambahkan kode ini di akhir file, jika kamu ingin mengalihkan satu halaman ke halaman lain. Pastikan kamu mengganti URL berwarna merah dan kemudian save.

Redirect 301 /old-page.html http://www.example.com/new-page.html

Jika kamu ingin mengalihkan seluruh domain ke nama domain lain, gunakan kode berikut.

Kode ini akan mengarahkan pengunjung ke slug URL yang sama di nama domain baru. Ini berarti pengguna yang mengunjungi domainlama.com/test-post akan dialihkan ke domainbaru.com/test-post.

Ganti nama domain sesuai dengan domain kamu.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^(?:www\.)domainlama\.com$ [NC]
RewriteRule ^ http://domainbaru.com%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Setelah menyimpan, pengalihan akan mulai bekerja. pastikan untuk memeriksa situs web kamu secara menyeluruh untuk setiap tautan yang mungkin rusak yang dibuat setelah proses.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *