Cara Mencegah Komentar Spam WordPress

Cara Mencegah Komentar Spam WordPress – Seperti yang mungkin Anda ketahui, Komentar WordPress meningkatkan keterlibatan pengguna di situs Anda, tetapi juga sering menjadi target spammer.

Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara mengurangi komentar spam dengan mengintegrasikan reCAPTCHA, bersama dengan beberapa cara lainnya.

Review Google reCAPTCHA

Google reCAPTCHA, adalah cara yang mudah digunakan untuk mengintegrasikan CAPTCHA, karena mencegah pengguna palsu berinteraksi dengan situs web Anda.

Karena form komentar WordPress adalah target bagi spammer, mengintegrasikan reCAPTHA akan memudahkan pengguna yang asli untuk meninggalkan komentar di posting Anda.

Ada berbagai jenis reCAPTCHA yang dapat Anda pilih. Di reCAPTCHA v2, user harus melewati beberapa syarat. Salah satu yang paling populer adalah, kotak centang “Saya bukan robot”.

Di mana pengguna perlu mencentang kotak yang menyatakan bahwa mereka bukan robot.

reCAPTCHA v2, juga memiliki pilihan untuk menggunakan reCAPTCHA yang tidak terlihat, yang dipanggil saat pengguna mengklik tombol yang ada di situs Anda.

Jenis reCAPTCHA ini tidak mengharuskan pengguna untuk mengklik apa pun, meskipun dalam skenario yang mencurigakan, pengguna akan diminta untuk memecahkan CAPTCHA.

Dengan reCAPTCHA v3, Anda dapat memverifikasi interaksi pengguna tanpa masukan dari pengguna.

Ini memberikan skor dari 0,0 hingga 1,0 untuk semua interaksi, dan berdasarkan skor ini pemilik situs akan dapat menetapkan tindakan lebih lanjut untuk interaksi dengan skor rendah.

Tindakan ini, yang dikonfigurasi di backend situs, dapat menerapkan otentikasi dua faktor, mengirim komentar ke moderasi, dll.

Baca Juga :  Membuat Website dengan Elementor

Memilih antara reCAPTCHA v2 dan v3 bisa jadi rumit bagi pemilik situs web. Jika Anda ingin memberikan interaksi yang sepenuhnya tanpa gangguan bagi pengguna Anda, reCAPTCHA v3 adalah pilihan yang ideal.

Menggunakan v2 akan secara signifikan mengurangi kerumitan dalam administrasi situs web Anda, meskipun dengan mengorbankan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Ada juga reCAPTCHA Enterprise, yang menawarkan fitur-fitur canggih seperti model risiko, khusus perusahaan dan peningkatan penilaian risiko.

Pengguna reCAPTCHA Enterprise juga mendapatkan dukungan terdepan di pasar. Juga, menurut Google, semua versi reCAPTCHA gratis hingga 1 juta penilaian per bulan.

Cara mengintegrasikan reCAPTCHA pada Form Komentar

Google reCAPTCHA, adalah cara yang mudah digunakan untuk mengintegrasikan CAPTCHA ke situs web Anda.

karena hanya membuat pengguna mencentang kotak untuk memverifikasi bahwa mereka bukan robot.

Anda dapat menggunakan plugin reCaptcha by BestWebSoft untuk mengintegrasikannya dengan WordPress.

Anda dapat menggunakan plugin reCaptcha by BestWebSoft untuk mengintegrasikannya dengan WordPress

Pertama, instal dan aktifkan plugin. Pada halaman pengaturan plugin, Anda harus memilih Versi reCaptcha, dan memasukkan keys Situs dan keys Rahasia.

Untuk mendapatkan keys, Anda perlu mendaftarkan domain di situs Google reCAPTCHA, dan mengirimkan detail seperti label situs, nama domain, email pemilik situs, dan jenis reCAPTCHA pilihan Anda.

Setelah keys dibuat, Anda dapat menyalin dan menempelkan keys ke bidang yang ditentukan di halaman pengaturan plugin. jangan lupa untuk mengaktifkan reCAPTCHA untuk form komentar.

Simpan perubahan, dan form komentar Anda akan menampilkan verifikasi reCAPTCHA di frontend ketika pengguna mencoba untuk meninggalkan komentar.

Menyiapkan reCAPTCHA v3

Anda juga dapat menggunakan plugin yang sama untuk mengintegrasikan reCAPTCHA v3.

Baca Juga :  Cara Mengganti Template Wordpress Pemula

Saat mendaftarkan situs Anda dengan Google reCAPTCHA, Anda harus memilih jenis reCAPTCHA v3, karena keys akan dibuat.

Menyiapkan reCAPTCHA v3

Dalam pengaturan plugin, Anda harus memilih reCAPTCHA versi 3 sebelum menambahkan keys. Di sini Anda juga dapat menyembunyikan lencana reCAPTCHA secara opsional.

Menggunakan sistem komentar pihak ketiga

Mengintegrasikan dengan layanan hosting komentar pihak ketiga, dapat menjadi peningkatan yang signifikan untuk sistem komentar WordPress default.

Misalnya, dengan Disqus , Anda dapat meningkatkan keterlibatan pengguna di situs web Anda dengan fitur seperti unggahan media, pengambilan suara, dll.

Ini juga menawarkan fitur seperti opsi pemformatan yang lebih baik untuk teks komentar, opsi masuk yang mudah, widget rekomendasi, dll.

Menggunakan sistem komentar pihak ketiga

Untuk pengurangan spam, Disqus menawarkan filter anti-spam dari plugin populer Akismet. dan juga menawarkan kontrol pra-moderasi otomatis, di mana komentar dapat ditandai berdasarkan reputasi pengguna, atau keberadaan tautan. Anda juga akan mendapatkan notifikasi email untuk komentar dan balasan baru.

Dengan plugin Disqus Comment, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya dengan sistem WordPress Anda. Untuk blog kecil, versi gratis Disqus sudah cukup, dan Anda dapat meningkatkan ke paket lanjutan untuk lebih banyak fitur.

Menggunakan plugin anti-spam

Memasang plugin anti-spam, akan menjadi salah satu strategi paling jelas untuk mengurangi komentar spam.

Akismet
Dengan secara otomatis membandingkan setiap komentar di situs Anda dengan basis data spam global mereka, plugin Akismet menawarkan perlindungan dari spam. menyediakan riwayat status untuk membantu Anda memahami proses pemfilteran spam.

Untuk keperluan Pribadi, Anda dapat menggunakan Akismet API secara gratis, atau dengan harga sesuai kemampuan anda, sementara ada beberapa pilihan harga yang tersedia untuk penggunaan Komersial.

Baca Juga :  Cara Mengganti Favicon Wordpress

Antispam Bee

Plugin populer lainnya yang dapat Anda gunakan adalah Antispam Bee, yang akan membantu membuat antarmuka komentar Anda lebih dapat dipercaya.

Anda dapat mengonfigurasinya untuk menerima komentar hanya dari pengguna tepercaya, atau mengizinkan komentar hanya dalam bahasa tertentu. memberi Anda kemampuan untuk mengizinkan atau melarang komentar berdasarkan negara pengguna.

Plugin populer lainnya yang dapat Anda gunakan adalah Antispam Bee

Menghapus tautan situs web dari form komentar

Banyak spammer akan berusaha mendapatkan backlink dengan berkomentar di situs Anda. Jika Anda melihat ini sebagai tren di situs Anda, Anda dapat menonaktifkan bidang url di form Komentar.

Dengan plugin Comment Link Remove, Anda akan dapat menghapus bidang situs web dari form Komentar WordPress Anda. Jika diperlukan, Anda juga dapat menghapus hyperlink dan tag tautan HTML dari kolom komentar.

Plugin ini juga membantu Anda menonaktifkan url yang berubah menjadi hyperlink, dan juga untuk menghapus komentar dengan mudah.

Atur minimum dan maksimum panjang komentar

Untuk mencegah spammer meninggalkan komentar satu kata, Anda dapat mengatur panjang minimum dan maksimum untuk komentar.

Dengan plugin Yoast Comments Hacks, Anda dapat mengelola ini. Dengan batas kata, Anda juga dapat menampilkan pesan peringatan khusus saat pengguna mencoba meninggalkan komentar di luar rentang yang ditentukan.

Tetapkan panjang minimum dan maksimum untuk komentar

WAF

Menambahkan Firewall Aplikasi Web juga dapat membantu mengurangi lalu lintas spam ke situs web Anda. Misalnya, dengan Sucuri firewall, Anda dapat mencegah komentar spam oleh bot masuk ke situs Anda.

Demikian artikel cara untuk mengurangi dan mencegah spam di web kita.

Saya harap artikel ini bermanfaat, dapat memahami beberapa cara untuk mengurangi komentar spam WordPress melalui form komentar posting dan halaman Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *