12 Pekerjaan Marketing yang Layak di Perjuangkan

12 Pekerjaan Marketing yang Layak di Perjuangkan – Anda adalah seorang pemikir yang inovatif dan strategis? dalam hal karier pemasaran, Anda telah menetapkan tujuan untuk menemukan peran yang dapat memainkan kekuatan tersebut.

Di bidang ini, kemajuan biasanya datang dalam salah satu dari dua bentuk: naik ke posisi kepemimpinan atau berspesialisasi dalam bidang khusus.

Menemukan jalan yang ideal untuk Anda ke depan di bidang ini tidaklah mudah, mulai belajar lebih banyak tentang beberapa jenis pekerjaan pemasaran umum dan bidang spesialisasi yang mungkin cocok untuk Anda.

Setelah Anda memiliki rencana yang tepat tentang apa yang menarik minat Anda, menjadi lebih mudah untuk mulai memetakan arah untuk masa depan Anda.

Untuk membantu dalam hal ini, kami mengidentifikasi 12 jenis pekerjaan pemasaran yang mungkin membuat Anda tertarik.

12 Pekerjaan Marketing yang Layak di Perjuangkan

12 Pekerjaan Marketing yang Layak di Perjuangkan

Meskipun daftar ini belum tentu komprehensif, jenis pemasaran berikut semuanya dapat memanfaatkan gelar Sarjana Pemasaran dengan baik.

Mari kita mulai mengidentifikasi “tujuan” potensial Anda.

1. Analis riset pasar

Berikan apa yang mereka inginkan. Ini mungkin tampak seperti konsep yang sederhana, tetapi ada kerumitan yang mengejutkan dalam mencari tahu apa yang menarik bagi konsumen.

Analis riset pasar bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan memahami data yang diperlukan untuk membantu menentukan produk atau layanan, apa yang diinginkan orang dan berapa banyak yang akan mereka bayar untuk itu.

Mereka mengumpulkan informasi melalui penelitian kompetitif, survei, kelompok fokus, dan taktik lainnya.

Mereka kemudian harus menerjemahkan data menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti, yang membantu pemegang kepentingan untuk membuat keputusan.

2. Pakar SEO

Search engine optimization (SEO), semua yang berhubungan dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas web organik.

perusahaan melalui mesin pencari, seperti Google®, Bing®, YouTube® atau Yahoo®. Pakar SEO mengembangkan dan menerapkan strategi untuk meningkatkan peringkat pencarian situs web organisasi.

Pemahaman teknis dan menyadari apa yang kebanyakan mereka pikirkan, berusaha untuk membuat strategi SEO menonjol.

Pakar ini meneliti kata kunci populer yang terkait dengan produk atau layanan mereka. dan memasukkannya ke dalam konten web mereka agar muncul di bagian atas hasil penelusuran.

Pakar SEO sering bekerja sama dengan pengembang web, spesialis pengalaman pengguna (UX), copywriter, dan profesional kreatif lainnya, untuk memastikan spesifikasi teknis agar terpenuhi tanpa mengorbankan prioritas situs lain.

3. Partner marketing manager

Selain kacang dan agar agar. Cokelat dan marshmallow. Pada situasi tertentu, produk-produk ini berdiri sendiri sampai seseorang menyadari potensi menggabungkannya.

Dengan risiko underselling semua yang terlibat dengan peran ini, Partner marketing manager adalah ide dari tim. Mereka bekerja dengan organisasi luar untuk menciptakan kemitraan yang menguntungkan, dan saling menguntungkan (kadang-kadang disebut co-branding atau co-marketing).

Contohnya, pikirkan tentang keberhasilan penggabungan Red Bull® dengan GoPro ®. Kedua merek ini bekerja untuk memantapkan diri mereka sebagai bagian dari gaya hidup yang penuh aksi.

Bekerja sama untuk mensponsori acara olahraga ekstrim membawa perhatian ekstra untuk kedua merek.

4. Public relations specialist

Sebuah humas spesialis, mirip dengan seorang manajer komunikasi. Tujuan utama mereka adalah untuk mengamankan dan mengelola liputan media tentang organisasi mereka, atau para pemimpinnya untuk membantu menciptakan dan mempertahankan reputasi positif.

Beberapa cara untuk mencapai-nya adalah melalui menulis siaran pers, mengatur konferensi pers, merencanakan acara publik, dan membangun hubungan dengan publikasi dan individu yang berpengaruh lainnya.

5. Brand manager

Pikirkan rantai makanan cepat saji favorit Anda. Terlepas dari ratusan lokasi di seluruh negeri, semua tempat ini memiliki tampilan dan nuansa yang sama.

apakah itu seragam yang dikenakan karyawan, desain pada cangkir, atau warna yang digunakan dalam iklan mereka. Brand manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk membangun dan mempertahankan identitas keseluruhan yang kohesif.

Termasuk membangun kerangka kerja merek, untuk membantu memastikan setiap bagian dari materi pemasaran. Sebagian besar peran ini berfokus pada elemen kreatif yang digunakan untuk membangun dan memposisikan merek dan menentukan bagaimana mereka harus digunakan.

Misalnya, panduan gaya merek yang memiliki seluruh halaman, yang didedikasikan untuk penggunaan dan penempatan logo yang tepat atau kapan harus menggunakan tipografi atau warna tertentu.

Itu mungkin terdengar aneh bagi yang belum tahu, tetapi standar gambaran besar yang dikembangkan oleh manajer merek membantu menyediakan sumber kebenaran untuk referensi—yang membuat karya kreatif tidak menyimpang dari merek.

6. Product marketing manager

Untuk setiap produk atau layanan baru yang diluncurkan atau diperbarui, manajer pemasaran produk biasanya berada di belakang layar.

membantu mengatur semua bagian yang dibawa ke pasar. Tugas akan sangat bervariasi tergantung pada perusahaan atau industri, tetapi Anda biasanya akan terlibat dalam keputusan yang terkait dengan strategi, penetapan harga, pemosisian produk, audiens target, pengiriman pesan, dan branding.

7. Digital marketing specialist

Pemasaran digital, adalah istilah yang luas untuk sektor tertentu dari bidang pemasaran. Sederhananya, setiap taktik pemasaran online (email, situs web, mesin pencari, media sosial, dll.) berada di bawah naungannya.

Seorang profesional dengan jabatan ini, kemungkinan memiliki pengetahuan di semua bidang ini, membantu menjalankan strategi pemasaran online organisasi.

Seperti penggunaan internet itu sendiri, bagian pemasaran ini telah berkembang dari hal baru menjadi bagian besar dari kehidupan sehari-hari.

8. Communications manager

Manajer komunikasi bertanggung jawab untuk mempromosikan produk, layanan, atau misi perusahaan secara keseluruhan kepada publik.

Tugasnya mungkin termasuk mengidentifikasi peluang pers, menerbitkan siaran pers, membuat buletin, membuat strategi media sosial, atau melayani sebagai juru bicara atas nama perusahaan.

9. Content marketing specialist

Pakar pemasaran konten, bertanggung jawab untuk menyusun dan mendistribusikan konten yang relevan dan bermanfaat untuk audiens. Konten bisa berupa artikel blog, buletin, infografis, video, kuis, game, dan lainnya.

Taktik pemasaran konten dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan, membangun kesadaran merek, dan pada akhirnya membantu mendorong penjualan.

10. Marketing media sosial

Pemasar media sosial, membantu mengelola dan mengawasi seluruh kehadiran media sosial organisasi. Mereka membantu merancang dan mengawasi strategi sosial untuk menarik pelanggan baru, dan yang sudah ada.

Ini juga mencakup membuat postingan yang menarik, menentukan platform mana yang harus digunakan untuk setiap pesan, menanggapi pertanyaan atau komentar dari pengikut, mempromosikan acara atau penjualan, membuat dan membagikan promosi atau kupon, dan banyak lagi.

11. Marketing automation specialist

Otomatisasi pemasaran, mengacu pada teknologi atau perangkat lunak yang digunakan perusahaan untuk memasarkan kepada audiens mereka di berbagai saluran, seperti situs web, email, obrolan, media sosial, dan lainnya.

Sementara teknologi mengotomatiskan proses penjangkauan, spesialis otomasi pemasaran perlu mengembangkan strategi, memantau perangkat lunak, dan menganalisis hasilnya.

Tujuan mereka adalah membantu menyampaikan pesan yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat, dengan tujuan akhir membantu mendorong penjualan.

Banyak kampanye otomatisasi pemasaran yang terkait langsung dengan perilaku konsumen atau pengguna secara online—misalnya, mengirimkan kupon diskon 10 persen kepada calon pelanggan, beberapa hari setelah mereka menambahkan item ke keranjang belanja online.

12. Copywriter

Apakah Anda pandai dengan kata-kata? Copywriting bisa jadi cocok untuk Anda! Profesional kreatif ini bertanggung jawab untuk menceritakan kisah merek, produk, atau layanan dengan menulis salinan yang informatif dan menarik.

Sementara menyusun tagline yang menarik seperti “I’m Lovin’ It®” atau “Just Do It®” untuk merek bernilai miliaran dolar, mungkin menjadi tujuan fokus mereka yang berada di eselon of copywriting.

Itu bisa berupa halaman web, kemasan produk, brosur, pamflet, email, papan reklame, dan banyak lagi.

jika mempromosikan sesuatu dan ada kata-kata di atasnya, kemungkinan besar seorang copywriter terlibat dalam pembuatannya.

Pekerjaan ini membutuhkan perpaduan unik antara kreativitas, psikologi konsumen, dan kemampuan memecahkan masalah karena ruang untuk pesan mereka seringkali terbatas.

Dengan berbagai macam judul pekerjaan pemasaran di atas, ada kemungkinan Anda dapat menemukan opsi yang sesuai dengan keterampilan dan minat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *